lensa fix
Fakta Lensa Fix Dan Lensa Tele Pada Kamera DSLR

Fakta Lensa Fix Dan Lensa Tele Pada Kamera DSLR

Diposting pada

Lensa Fix – Dunia fotografi tidak asing bila kita tidak mengetahui apa itu lensa fix dan lensa tele pada kamera digital. Pada perkembangannya kamera digital memiliki sistem teknologi yang sangat maju saat ini.

Beberapa merk ternama seperti Canon, fujifilm dan Nikon berlomba-lomba mengeluarkan produk-produk unggulan nya untuk menghasilkan Sebuah produk kamera yang dapat menghasilkan gambar bagus pada kamera digital. Namun bila kita hanya memanfaatkan lensa bawaan pada kamera DSLR.

lensa fix


Terkadang hasil yang didapat kurang maksimal mulai dari ketajaman gambar, pencahayaan serta kualitas gambar masih banyak pertimbangan. Bila kita hanya mengandalkan lensa bawaan pada kamera digital yang kita miliki. Untuk itu rasanya kita harus memiliki dukungan beberapa lensa untuk mendapatkan sebuah hasil yang bagus dalam jepretan gambar kita.

Baca Juga : 4 Tips Mencari Antena TV Dirumah Yang Bagus

Maka untuk itu sebelum kita membeli sebuah produk lensa ada baiknya kita melihat beberapa aspek yang ada di dalamnya. Berikut akan kami hadirkan info mengenai beberapa fakta lensa fix dan lensa tele pada kamera DSLR.

Kelebihan Dan Kekurangan Lensa Fix Pada DSLR

Kelebihannya…

  • Kualitas Foto yang bagus

Untuk kualitas gambar yang dihasilkan pada lensa fix tidak usah diragukan lagi. Hasil gambar yang lebih tajam dan juga lebih baik dari foto yang dihasilkan pada lensa tele. Begitupun tingkat distorsi pada lensa ini mudah terkendali.

  • Ringan dan mudah dibawa

Kita ketahui bahwa lensa fix memiliki ukuran yang kecil dan juga ringan. Sehingga sangat mudah untuk kita bawa kemana-mana. Kita pun bisa leluasa dalam melakukan aktivitas pemotretan. Karena ukurannya yang kecil dan simple lensa fix mudah dibawa di berbagai Medan pemotretan.

  • Foto Makro / Close up yang Maksimal

Lensa fix sendiri dikenal untuk sebuah lensa makro yang memiliki kualitas bagus dalam menghasilkan gambar. Untuk lensa Zoom sendiri memiliki kemampuan Makro tetapi hasil yang didapatkan kurang maksimal. Untuk kualitas nya masih sangat jauh bila dibandingkan dengan lensa fix.

Advertisement
lensa makro sendiri dapat mengambil beberapa objek yang ukurannya sangat kecil seperti serangga, daun, bunga dan objek kecil lain nya. sehingga menghasilkan tangkapan gambar yang terlihat menjadi besar.

  • Bukaan Diafragma yang besar

Maksimal bukaan yang besar dihasilkan pada lensa fix seperti f/1.4 dan f/1.8. Jauh dibandingkan lensa standar. Kita ketahui jika bukaan f /1.8  gambar yang dihasilkan untuk mengumpulkan cahaya 4 sampai 8 kali lebih banyak. sehingga dalam pengambilan objek foto di ruangan gelap dapat lebih maksimal. bukaan diafragma yang besar sehingga dapat menghasilkan gambar pada latar belakang menjadi blur. inilah kelebihan utama yang paling dominan pada lensa fix.

  • Baik untuk pemula

Bagi anda yang masih belajar di dunia fotografi. Lensa yang satu ini sangat cocok bagi anda. Karena hasil jepretan yang anda dapatkan sudah otomatis baik. Kita tinggal menentukan beberapa sudut pengambilan gambar yang baik bila menggunakan lensa ini.

Baca Juga : Usulan Kenaikan Iuran Bpjs Kesehatan Terbaru 2019

Adapun Beberapa Kekurangannya Sebagai berikut…

Kekurangannya…

  • Tidak dapat mengambil objek jauh / Zoom

Karena ukuran zoom lensa yang kecil membuat lensa fix tidak dapat mengambil gambar atau objek-objek jauh. Oleh karena nya bila kalian menginginkan hasil Foto dalam jarak dekat, anda perlu menghampiri objek tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Keterbatasan pada ruang sempit

Lensa fix memiliki keterbatasan dalam pengambilan sudut pandang pada area ruang yang sempit. dikarenakan tidak memiliki zoom yang baik. sehingga tidak dapat menangkap objek objek dalam sudut pandang luas dan lebar.

Baca Juga : Bokeh Video Full

Kelebihan dan Kekurangan Lensa Tele Pada DSLR

Kelebihannya…

  • Menghasilkan ruang tajam pada hasil foto

Efek ruang tajam dan lebih mendalam menjadikan lensa yang satu ini lebih maksimal dalam pengambilan gambar sebuah objek. Dengan memiliki Fokus utama objek yang lebih sempit membuat lensa ini dapat memberikan Efek latar belakang yang buram sehingga memberikan kesan sempurna pada pengambilan gambarnya.

  • Terbaik dalam foto portrait serta minim distorsi

Lensa yang satu ini memang menjadi favorit bagi semua fotografer dalam mengambil objek portrait seperti foto prewedding foto bangunan tinggi, foto model fashion dan lain-lain. lensa ini dapat mengeliminasi beberapa distorsi yang terletak pada bagian terdalam seperti wajah dalam pengambilan foto wedding. sehingga hasil yang didapat terlihat lebih fokus dan lembut. Pada pengambilan objek indoor lensa yang satu ini juga banyak diminati karena dapat menjangkau fokus objek yang jauh dan juga hasil yang didapatkan lebih fokus dan lembut sehingga menghasilkan gambar yang memukau.

Advertisement

  • Terbaik dalam foto jauh

Memang tidak usah diragukan lagi dalam pengambilan objek yang jauh lensa tele sudah menjadi primadona. Tingkat Zoom pada lensa ini memang sangat tinggi sehingga dapat menjangkau beberapa objek yang jauh. Hasil yang didapat juga tidak kalah dengan beberapa lensa lainnya.

Ketajaman gambar yang didapat dari lensa yang satu ini juga tidak dapat diragukan lagi kemampuannya.

Begitupun Lensa Tele dengan beberapa kekurangannya…

Kekurangannya…

  • Fisik dan ukuran yang besar

Kita ketahui bahwa lensa tele sendiri memiliki ukuran yang begitu besar berbeda dengan lensa fix yang ukurannya kecil dan simple. Sehingga terkadang sangat menyulitkan kita dalam membawanya. Misalnya Bila kita ingin memotret objek pemandangan outdoor seperti pegunungan. ukuran yang jumbo terkadang menjadi beban tersendiri untuk kita yang membawanya. Tetapi bila anda seseorang yang profesional tidak masalah bila memiliki lensa yang satu ini. Karena kualitas yang didapat dari lensa tele ini memang sangat baik sehingga terbayarkan dengan hasil jepretan foto yang maksimal.

  • Harus pakai tripod

Karena ukurannya yang besar lensa tele sangat membutuhkan tripod dalam pengambilan foto suatu objek. Ini bisa membantu Anda dalam mengambil sebuah foto objek pemandangan. tentunya agar kita tidak lelah dalam memotret suatu objek.

  • Harganya yang mahal

Lensa tele memang dikenal mahal berbeda dengan lensa fix. Tapi bagi para penghobi fotografi harga bukanlah halangan bagi mereka. Coba anda bandingkan harga body pada kamera DSLR yang paling murah saja ditaksir kurang lebih 5 jutaan. Untuk harganya sendiri lensa tele ini bahkan bisa melebihi harga body kamera DSLR tersebut. Untuk kalian yang hobi fotografi Kami menyarankan untuk menyewa lensa ini daripada membeli. Karena harganya yang lumayan mahal sehingga mungkin tidak terjangkau dengan budget yang kita miliki. Dan yang pastinya itu semua dapat meminimalisir pengeluaran yang akan kita keluarkan.

Yang Terpenting Juga…

Dalam teknik pemotretan standar saja beberapa lensa bawaan kamera biasanya sudah dapat memberikan hasil jepretan yang baik. tergantung bagaimana kita mengatur Speed dan pencahayaan pada sebuah objek yang akan kita bidik. Tetapi memang beberapa lensa tambahan seperti lensa fix dan lensa tele terkadang diperlukan. tergantung tingkat kebutuhan suatu objek foto yang akan kita dapatkan.

Demikianlah artikel yang kita ulas saat ini tentang fakta lensa fix dan Lensa tele pada kamera DSLR. Terima kasih telah berkunjung ke halaman Blog kami ruang bebas semoga wawasan anda bertambah dengan membaca. sampai jumpa lagi pada artikel-artikel kami selanjutnya hanya di ruangbebas.com.

Baca Juga :

Cara Mendapatkan Uang dari Google di Era Milenial

Peluang Usaha Baru Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

 

Advertisement
Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *