usaha franchise
usaha franchise

Tips Memulai Usaha Franchise Agar Cepat Berkembang

Diposting pada

usaha franchise

Tips memulai usaha franchise agar cepat berkembang – Tanpa kita sadari saat ini Perkembangan usaha baik makanan maupun minuman sangat berkembang begitu pesat. Apalagi kita yang tinggal di sebuah ibu kota seperti Jakarta. memiliki sebuah usaha sendiri merupakan angan-angan semua orang yang ingin melakukan perubahan dalam hidupnya. Mental dan keberanian sangatlah dibutuhkan bagi seseorang yang ingin menjejakkan kakinya di dunia wirausaha. Sebelum kita memulai suatu bisnis di bidang wirausaha ataupun waralaba ada baiknya kita mengatur beberapa strategi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak hanya mengandalkan modal Dan keberanian saja tetapi kita perlu untuk mengetahui Usaha apa yang akan kita buat. Dan bagaimana prospek kedepannya Apakah bisa berkembang atau tidak. Salah satunya adalah usaha franchise makanan dan minuman. Saat ini sendiri usaha makanan dan minuman sangat menjamur di ibukota Jakarta.

Berbagai macam brand franchise baik yang ternama ataupun yang sedang berkembang. Saat ini berlomba-lomba mencari pangsa pasar konsumen di kalangan masyarakat.

Untuk itu bila kita tidak teliti dalam memilih suatu usaha yang benar-benar bisa menghasilkan uang. Tentunya kita akan mengalami kerugian dalam menjalankan suatu wirausaha tersebut. Berikut kami akan memberikan beberapa tips memulai usaha franchise agar cepat berkembang.

 

Usaha franchise yang berkembang

Tentukan usaha franchise anda…

Dalam memulai usaha franchise ada baiknya kita menentukan terlebih dahulu Usaha apa yang akan kita buat. Bila anda berminat membuat usaha di bidang makanan ataupun minuman. anda dapat mencarinya di berbagai situs franchise melalui google atau pun lewat youtube. Carilah vendor franchise ternama dan pastikan sudah memiliki keanggotaan yang banyak. Pilihlah minimal 4 – 5 vendor usaha franchise sebagai masukan anda. Setidaknya bila anda memiliki 4 – 5 vendor franchise tentunya anda bisa memilah-milah dan mencari tahu informasi terbaik diantara vendor franchise yang akan anda pilih nanti. Cari tahu Detail informasi mulai dari alamat vendor franchise tersebut, Bagaimana skema bisnis yang dijalankan pada usahanya, support System apa yang akan anda dapatkan bila bergabung ke vendor usaha tersebut, coba bertanya atau mencari tahu testimoni pada anggota yang telah bergabung membeli usaha franchise tersebut apakah memiliki traffic penjualan yang bagus dari awal perkembangannya.

Advertisement

 

Tentukan modal yang anda tanam…

Dalam menjalankan sebuah usaha kita perlu tahu berapa modal yang akan kita tanam untuk dapat bergabung ke suatu vendor usaha franchise tersebut. Tetapkan pola keuangan yang kita miliki sesuai kemampuan finansial. Bila anda menginginkan sebuah usaha tetapi masih tetap ingin bekerja. Maka anda dapat memilih paket menengah ke bawah yang ditetapkan oleh vendor usaha franchise tersebut. Pilihlah modal sesuai dengan kemampuan finansial kita. Jangan terlalu berambisi untuk mengeluarkan modal banyak terlebih dahulu bila anda belum tahu perkembangan usaha tersebut kedepannya.  lakukan ilustrasi manajemen keuangan sesuai dengan kebutuhan yang kita keluarkan sehari-hari.

Mendalami Konsep Usaha

Cari tahu keuntungan…

Usaha franchise yang Anda pilih tentunya akan memperoleh keuntungan di dalamnya. Untuk itu anda perlu mengetahui seberapa besar keuntungan yang Anda dapat jika bergabung dalam usaha franchise tersebut. Carilah informasi mengenai keuntungan kepada vendor franchise atau beberapa anggota yang sudah bergabung.

Seberapa besarkah keuntungan yang akan Anda dapatkan. sampai dapat mengembalikan modal awal (Break Even Point). Kurun waktu berapa lama kita bisa kembalikan modal. Lihat keuntungan pasif Anda tiap bulannya apakah sesuai dengan pembiayaan atau modal yang anda keluarkan  sehari-hari. Lakukan ilustrasi analisis keuntungan pada beberapa vendor yang telah anda seleksi.

Cari yang banyak mendapatkan keuntungan serta resiko yang kecil dari vendor usaha franchise yang telah anda terapkan.

 

Ilustrasikan usaha franchise anda…

Sebelum mengelola usaha franchise yang anda miliki. Ada baiknya anda mengilustrasikan beberapa simulasi usaha bisnis Anda Mulai dari :

  • Investasi awal (sewa tempat, kerjasama, peralatan, renovasi tempat, pelatihan karyawan)
  • Bahan baku
  • Gaji karyawan / bulan
  • Biaya operasional
  • Dan Biaya lain-lain

Buatlah seminimal mungkin pengeluaran yang anda keluarkan tanpa mengurangi kualitas usaha anda. Buatlah tabel biaya pengeluaran harian Anda dan biaya pengeluaran bulanan anda. Agar kita dapat mengetahui seberapa besar pengeluaran yang anda keluarkan setiap harinya atau setiap bulannya.

Kualitas adalah Segalanya

Jaga kualitas produk…

Kualitas produk yang Anda jual tentunya menjadi prioritas penting bagi semua konsumen. Untuk itu bila kita menginginkan kuantitas yang baik dalam menjalankan usaha franchise. Terlebih dahulu kita harus menjaga kualitas yang kita berikan kepada semua konsumen yang berkunjung ke usaha franchise anda. Kebersihan menjadi faktor penting dalam berkembangnya usaha yang anda miliki. Tidak hanya dari produk yang Anda jual tetapi dari tempat yang Anda miliki. Bila tempat usaha anda terlihat bersih pastinya konsumen yang datang ke toko anda akan merasa senang dan nyaman. Terapkan pula S.O.P wajib kepada karyawan anda seperti 3S ( senyum salam sapa ).

Advertisement

Pelayanan yang baik dari karyawan yang anda miliki akan menentukan kuantitas konsumen yang datang ke tempat usaha. Untuk itu selalu berikan pelayanan terbaik anda kepada setiap konsumen yang berkunjung ke tempat usaha anda.

 

Berikan promo menarik…

Hampir semua konsumen yang berbelanja tentunya menginginkan sebuah promosi menarik yang dijual dari produk yang dibeli. Untuk itu jangan pernah takut untuk mengeluarkan beberapa promo menarik ataupun diskon terhadap produk yang kita jual. Untuk menarik minat konsumen biasanya promo promo diskon seperti ini. Bisa menambah kuantitas konsumen yang berkunjung ke tempat usaha franchise anda. Tentunya bila anda menerapkan sistem promo diskon, ada baiknya terlebih dahulu anda Menghitung Berapa jumlah modal atau laba yang anda keluarkan. Sehingga Anda dapat memberikan sebuah diskon terhadap produk yang dijual. Dan tentunya tidak ada kerugian yang anda terima bila anda terapkan sistem diskon pada produk yang anda jual. Terapkan beberapa jenis promo harian atau mingguan. Misalnya untuk promo harian dan mingguan Anda bisa berikan diskon di setiap item produk yang Anda jual.

Ilustrasi Diskon…

Contoh :

  • Buy one get one  ( beli 1 gratis 1 )
    • misal : Beli Produk “A” gratis 1 Produk “B”
  • Buy two get one ( beli 2 gratis 1 )
    • misal : Beli 2 Produk “A” gratis 1 produk “B”
  • Diskon persentase (%)  setiap produk
    • misal : produk “A” diskon 50%, produk “B” diskon 60%
  • Diskon voucher (- Rp) setiap produk
    • misal : produk “A” diskon (20.000), produk “B” diskon (30.000)
  • Diskon di hari tertentu
    • misal : setiap hari Sabtu dan Minggu gratis produk “A” setiap pembelian diatas Rp100.000

Karena dengan memberikan promo promo atau diskon seperti ini lah kita dapat menarik minat konsumen yang datang ke tempat usaha franchise kita. Jadi jangan pernah ragu untuk memberikan sebuah promosi menarik kepada konsumen. Sejatinya usaha yang baik harus memiliki manajemen yang terstruktur. Itu semua kita lakukan agar dapat bersaing dan mengembangkan usaha franchise kita dengan baik dan tepat sasaran.

Demikianlah ulasan dari kami mengenai tips memulai usaha franchise agar cepat berkembang.

Terima kasih telah berkunjung ke blog kami ruang bebas.

Semoga wawasan Anda bertambah luas dengan membaca terima kasih dan salam sukses untuk kita semua.

 

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang dari Google di Era Milenial

 

Advertisement
Advertisement

One thought on “Tips Memulai Usaha Franchise Agar Cepat Berkembang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *